Mahasiswa Kukerta Unri Gelar Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat Bagi Siswa SDN 15 Desa Lemang     

Mahasiswa Kukerta Unri Gelar Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat Bagi Siswa SDN 15 Desa Lemang     

RANGSANG BARAT (RIAUSKY.COM) - Mahasiswa Universitas Riau yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Tematik 2019 di Desa Lemang, mengadakan kegiatan Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat Bagi Anak-Anak pada Sabtu, 27 Juli 2019. 

Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri 15 Desa Lemang, Rangsang Barat Kepulauan Meranti. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja mahasiswa Unri selama mengikuti kukerta tematik di Desa Lemang. 

Perlu diketahui bersama, dari 12 desa yang ada di Kecamatan Rangsang Barat, hanya dua desa yang masuk ke dalam kategori desa maju, yakni Desa Lemang dan Desa Bokor. Salah satu indikator yang dinilai dari desa maju adalah bidang kesehatan. 

Mengingat kukerta tematik berbasis potensi desa, kegiatan Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat perlu dijalankan di Desa Lemang, karena desa tersebut punya potensi besar di sektor kesehatan.   

Sebelum memberikan materi penyuluhan, mahasiswa Unri yang dijuluki Lemang Squad ini terlebih dahulu melakukan senam pagi bersama anak-anak. Usai senam dan istirahat sejenak, anak-anak SDN 15 Lemang yang totalnya kurang lebih berjumlah 110 orang ini masuk ke perpustakaan sekolah, tempat diadakannya penyuluhan. 

Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat ini diberikan oleh dua narasumber. Narasumber pertama bernama Wiwin, Bidan Desa Lemang. Sedangkan narasumber kedua ialah Dhea Andharsih, Mahasiswa Fisip Universitas Riau angkatan 2016. 
Penyuluhan berlangsung dengan semarak dan mendapatkan antusiasme penuh dari anak-anak. Ditambah lagi dengan MC-nya yang ahli dalam memecahkan suasana sehingga anak-anak terlihat semangat dan tampak begitu ceria, tidak ada yang murung selama kegiatan berlangsung. 

Setelah penyuluhan selesai, dilanjutkan dengan praktik menyikat gigi yang baik dan benar di luar ruangan. Anak-anak SD tersebut sebelumnya sudah diberitahu untuk membawa sikat gigi dan air dari rumah masing-masing, sementara obat giginya sudah disediakan oleh Lemang Squad. 

“Kegiatan ini sungguh baik sekali, anak-anak sangat bergembira, semangat mereka bergelora. Mudah-mudahan bisa menumbuhkan kesadaran bahwa hidup sehat itu memang harus dilakukan terutama dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di rumah dan juga di sekolah. Kami mengucapkan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa Unri, semoga apa yang telah diberikan bermanfaat bagi anak-anak kita.” Ujar Kepala SD Negeri 15 Lemang.

Kegiatan ini, merupakan tanda kepedulian mahasiswa Unri terhadap anak-anak. Mereka perlahan akan menjelma sebagai generasi muda penerus bangsa. Harapan kedepannya adalah supaya anak-anak yang khususnya berada di Desa Lemang bisa menerapkan 10 pola hidup bersih dan sehat, salah satunya menggosok gigi setiap hari. Dengan begitu, terciptalah anak-anak yang sehat, cerdas, serta ceria sehingga dapat bermaslahat bagi desa, bahkan bangsa. (R16/Rls)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index